Pages


Sabtu, 26 Desember 2015

Cara Membuat Smartphone bisa Support USB OTG

Assalamu'alaikum Wr Wb

Pengertian USB OTG
USB OTG atau USB On-The-Go secara sederhana adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita untukuntuk menghubungkan perangkat (computer/smartphone) dengan flashdisk. Pada smartphone, tidak semua smartphone memiliki fitur Support USB OTG. Jadi bagi kalian yang mempunyai smartphone yang tidak memiliki fitur USB OTG bisa membuat sendiri fitur tersebut. Bagi yang pingin smartphone bisa support USB OTG silahkan simak lebih lanjut di bawah ini.

Cara membuat fitur USB OTG di Smartphone
Pastikan smartphone anda telah di-ROOT (WAJIB). Jika belum di-ROOT silahkan di-ROOT terlebih dahulu. (Catatan : melakukan ROOT dapat menyebabkan garansi smartphone hangus

Download aplikasi USB OTG checker.apk (download via playstore)
Coba klik check, ini dari screenshoot smartphone saya. Tidak support USB OTG.


Aplikasi yang dibutuhkan untuk menambah fitur USB OTG:
1. USB Host Check.apk (download via playstore)
2. Root Explorer.apk ( download via playstore)

Langkah-langkah
1. Instal semua aplikasi yang dibutuhkan.
2.buka USB Host Check-> tekan tombol "fix"
3. Maka akan telah ter fix sebagian. Eits ada yang ngganjal nih, android.hardware.usb.host.xml masih belum tercentang. Silahkan anda amati gambar berikut.
  Tidak usah khawatir. Masih ada step berikutnya kok. Simple gak pakai ribet.
4. Buka Root Explorer. Klik folder etc->permission, coba cari file "android.hardware.usb.host.xml"
   File nya saya lingkari warna merah. Coba kalian amati yang saya lingkari berwarna biru. Nah tuh file permisionnya kan rw-r---- kan? Jadi kita harus mengubahnya permisionnya menjadi rw-r--r--
Caranya gampang tinggal tekan yang lama file tersebut. Lalu pilih tab permission coba cermati gambar dibawah

Coba contoh dari gambar dibawah ini untuk merubah permissions
 Lalu tekan ok
5. Buka USB Host Check lagi Tekan tombol re-chek
6. Selarang coba buka lagi USB OTG Checker, lalu coba klik check lagi

Taraaa sudah jadi.. Smattphone anda kini sudah support USB OTG!!



Sekian cara untuk menambah fitur USB OTG pada smartphone. Semoga bermanfaat.

Mohon untuk mencantumkan alamat website saya bila hendak copy & paste (copas)
Alamat web blogger www.hilmyworld.com

Nb: Admin tidak bertanggung jawab bila pengguna smartphone melakukan root pada smartphonenya

Wassalamu'alaikum Wr Wb




9 komentar:

  1. Minta file otg android hadwerenya mksh

    BalasHapus
  2. Gan saya gk bisa pindahkan filenya ke etc/primission sudah saya ganti jadi rw-r-r tapi remove failed terus.

    Gmana solusi gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Hp punya agan diprotect sama pabrik. Jadi gak bisa edit system. Nah, walaupun di protect masih bisa di-root. Cuman gak bisa di edit file systemnya. saya pernah edit dan custom settingan file systemnya.setelah saya reboot semua file system kembali keadaan semula. Menurut saya sih, kalo mau coba coba silakan. Namun resiko tanggung sendiri. Saya sudah nyoba buat settingan yang pas buat Hp saya dan pernah bootloop 5x. Saran saya, agan harus tau cara backup ROM dan install ROM Hp dulu sebelum coba coba ke Hp

      Hapus
  3. Trims #Master Hilmy Nurendra, setelah berkelana selama 3 bulanan dan mengerti sikit" sampe video youtube ta lahap, root apk numpuk banyak & terhitung ku ota akhirnya di Blog ini eksekusinya karna penjelasan sangat apik, semua bisa tercentang hijau terutama androit.hardware.usb.host.xml jd lampu..👍👍👍

    BalasHapus
  4. Gan numpang tanya , klo sya file xml yg atasnya sudah hijau , tpi file xml 1nya msih blum tercentang, bagaimana solusinya gan mohon penjelasannya

    BalasHapus
  5. Gan ufh saya coba tpi kok pas di sambungin ke usb adaptornya ga bisa ya?
    Hp saya lenovo vibe c a2020

    BalasHapus
  6. Bang. Punyaku udah bisa. Tapi aku tancepin usb nya kok tetep ga muncul notifikasinya?

    BalasHapus
  7. Bro ini lo bikin artikel jgn sembarangan bro,itu aplikasi butuh yg namanya superuser (singkatnya udah diroot) gimana klo nasib org yg blum di root hpnya? Yah kaga bisa di "fix" lah dri aplikasinya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

Blogroll

About